Jumat, 28 Oktober 2011

Jati Putih (Gmelina arborea Roxb)


Jati Putih (Gmelina arborea Roxb) adalah salah satu jenis pohon dari famili Verbenaceae yang satu famili dengan Jati (Tectona grandis). Pohon ini berasal dari negeri, Nepal, India, Pakistan, Bangladesh, Srilangka, Myanmar, Thailand, laos, Kamboja, Vietnam dan Cina Selatan.
Beberapa sifat fisik dan kimia kayu Jati Putih adalah warna kayu yang pucat dan bervariasi dari kuning jerami sampai dengan putih krem dan dapat berubah menjadi coklat merah, tidak ada perbedaan warna antara kayu teras dan gubal. Kayu mudah digergaji dan diserut dengan hasil licin dan mengkilap, serat agak berpadu bervariasi dari lurus sampai ikal, jumlah serat dalam kayu 64,2% tekstur agak besar, kelas kuat III. berat jenis antara 0,38 - 0,42 dimana berat jenis ini tidak dipengaruhi oleh kecepatan tumbuh, adapun bilangan runkel antara 0,39 s/d 0,50. Hasil pulp dari Jati Putih memiliki keteguhan sobek, keteguhan pecah dan keteguhan tarik sedang (Martawijaya dan Barly,a 1995).
Syarat tumbuh Jati Putih mulai dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi (0 - 1.000 m dpl) dengan curah hujan 1.000 mm per tahun dimana jumlah bulan kering maksimum 6 - 7 bulan per tahun.

1 komentar:

  1. materinya penting untuk diketahui, ....dan yang lebih lengkap dong

    BalasHapus